Friday, February 3, 2012

Melihat dan Berpikir

“ Aku bisa melihat “
“ Bagaimana bisa melihat, kamu buta sejak lahir “
“ Apa aku perlu tidak menjadi buta untuk melihat “
“ Tentu, itulah gunanya mata, yaitu untuk melihat “
“ Tapi aku bisa melihat tanpa mata, aku bias merabanya dan kemudian membayangkan seperti apa bentuknya kemudian mengumpulkan beberapa informasi yang kutahu hingga di visualisasikan oleh pikiranku “
“ Wah sangat rumit sekali ya “
“ Tidak, sangat mudah bagiku karena merupakan sebuah rangsangan bagiku untuk berpikir “

“ Aku boleh Tanya ? “
“ Silahkan “
“ Bagaimana cara kamu melihat sebuah bola “
“ Bola itu bentuknya bulat dari perabaanku, besarnya bervariasi tergantung olahraga apa, lentur sehingga saat ditendang tidak menimbulkan sakit pada kaki, tentu didalam nya adalah sebuah ruangan udara yang terkunci hingga dapat memantul mengikuti teori gravitasi, ada yang berbahan kulit, plastic dan bahan-bahan lain, kalau menurutmu? “
“ Bola itu warnanya merah “
“ Sederhana sekali pemikiranmu, tentu aku tidak bisa membedakan warna-warnanya ya “
“ Tentu karena mata hanya berpikir sederhana, sedangkan otak hanya menyimpulkan sesaat setelah kita melihat sesuatu “

“ Sesederhanakah itu cara pandang dalam hidup? “
“ Tidak sebetulnya, Alurnya begitu banyak hingga kita bias menyimpulkan sesuatu, mulai dari melihat, kemudian menganalisa dari apa pernah dilihat lalu menyimpulkan “
“ Ternyata sama saja “
“ Betul, jadi ternyata melihat itu lebih pada gagasan, semua mempunyai fungsi yang saling bertautan, jadi kesimpulannya adalah mata bukan hanya sekedar instrument untuk melihat “
“ Kalau begitu aku akan berhenti bermimpi untuk melihat “
“ Memang apa yang kau mimpikan? “
“ Aku bermimpi bisa melihat perempuan cantik “
“ Sebaiknya jangan! “
“ Kenapa? “
“ Ketika kau mampu membedakan perempuan cantik dan tidak dalam garis visual mata, mungkin kau akan kehilangan daya analisamu terhadap pandangan atau gagasan tersebut “
“ Tidak heran ada yang bilang cinta itu buta “
“ Betul, jika diberi pilihan dalam memilih aku lebih pilih untuk tidak menilai secara subjektif karena mata dan kerumitannya dalam membuat gagasan akan terpangkas habis saat mata kemudian membawa nilai penampilan dalam aspeknya “
“ Lalu maukah kau bertukar tempat denganku? Aku menjadi bisa melihat dan kau menjadi buta “
“ Tidak kawan, semua terletak pada otak kita bukan kesalahan mata “
“ Betul juga “

“ Pandangan, gagasan, adalah lebih pada sebuah konstruksi seorang manusia terhadap sesuatu bisa terhadap lingkungannya atau pada yang dirasakan “
“ Cogito ergo sum! “
“ Manusia adalah manusia bagi dirinya sendiri kemudian sikap dan perasaan adalah bagi lingkungan tempat dia tinggal “

No comments:

Post a Comment